Cara Menerapkan Beberapa Button saling Berdampingan secara Vertikal di dalam Thunkable

Pada sebelumnya, penulis telah membahas tentang teori penerapan beberapa button secara berdampingan baik itu secara vertikal maupun horizontal. Penerapan ini sangat berpengaruh dalam merancang tampilan beberapa object di dalam screen pada aplikasi Android. Baiklah, penulis akan memberikan tutorial cara menerapkan beberapa button saling berdampingan secara vertikal di dalam Thunkable. Penerapan ini biasanya membuat suatu kegiatan yang berkaitan dengan button pilihan level untuk aplikasi game. 
Langkah-Langkah :
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.
2. Ketikkan thunkable.com pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.
3. Setelah itu, anda diminta login untuk memasuki akses project Thunkable. Klik Sign In. Ini melakukan login melalui Gmail Oauth dengan mengisi akun gmail anda. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage. Lihat gambar di bawah ini.
Tampilan Dashboard Thunkable.
4. Klik Create New App untuk membuat project baru. Kemudian, nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "buttonberdampingan2". Klik OK.
Tampilan Pembuatan Project App.
5. Masuki bagian Layout, carilah layout Vertical Arrangement untuk mewadah dalam penerapan beberapa button saling berdampingan. Klik tahan pada Vertical Arrangement lalu tarik ke layar Screen. Aturlah tata letak vertikal (Align Vertical) menjadi "Center".
Tampilan Pembuatan Layout Vertikal untuk Penerapan Beberapa Button saling Berdampingan.
6. Aturlah ukuran layout tersebut sesuai keinginan kamu. Misalkan, ukuran layout tersebut width itu 96% dan height itu auto. Klik OK.
Tampilan Ukuran Width pada Layout Vertikal.
7. Masuki bagian User Interface, carilah Button untuk meletakkan ke dalam layout vertical yang telah dibuat sebelumnya. Klik tahan pada Button lalu tarik ke layar Screen. Lakukanlah penambahan 2 button lagi dengan cara yang sama.
Tampilan Pembuatan Beberapa Button ke dalam Layout Vertikal.
8. Aturlah warna background masing-masing ketiga button tersebut. Usahakan pemilihan warna background pada masing-masing button itu berbeda. Sedangkan warna teksnya, pilih warna putih (white).
Tampilan Setelah Memilih warna Background pada masing-masing Button.
9. Klik Export >>> App (save .apk to my computer) untuk mengkonversi ke aplikasi Android siap pakai (.apk) dan menyimpan ke dalam komputer. Tunggu beberapa waktu sampai aplikasi tersebut berhasil tersimpan di dalam komputer.

10. Aktifkan software emulator Android yang ada di dalam komputer atau laptop anda. Tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan dashboard emulator tadi.

11. Klik ikon Instal APK / APP tergantung dari nama emulator Android tersebut.

12. Kamu bisa melihat hasil penerapan beberapa button yang saling berdampingan secara vertikal pada emulator atau smartphone Android kamu.
Tampilan Hasil Akhir Aplikasi.


Sekian.. Terima kasih..

0 Response to "Cara Menerapkan Beberapa Button saling Berdampingan secara Vertikal di dalam Thunkable"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel